Mengatasi Nyeri Persalinan

Saat ini kebanyakan wanita merasa takut bersalin. Padahal saat ibu hamil merasa takut, ia akan menjadi tegang, dan ketegangan tersebut justru menambah rasa nyeri saat melahirkan. Ada beberapa tips untuk mengatasi nyeri pada saat persalinan:

1. Faktor lingkungan

  • Cahaya: kebanyakan ibu hamil menginginkan cahaya yang redup untuk beristirahat. Untuk itu, dapat digunakan tirai, alat pengatur cahaya lampu,dll.
  • Ketenangan: Saat ibu mengalami nkontraksi, sebaiknya jangan ada yang banyak bertanya, jangan mengatakan hal-hal yang tidak perlu, dan bicaralah dengan suara lembut agar si ibu merasa tenang.
  • Musik: Pilihlah musik kesukaan ibu yang membuat dirinya lebih rileks
  • Aromaterapi: Metode pengobatan alternatif atau komplementer ini menggunakan berbagai macam minyak beraroma untuk meredakan ketegangan dan meningkatkan relaksasi pada ibu hamil, seperti aroma Lavender.

2. Faktor fisik

  • Pemijatan: Pemijatan yang dilakukan pada bagian tubuh tertentu pada ibu yang akan melahirkan bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri.
  • pernafasan:  Pengaturan pernafasan akan membuat ibu yang akan melahirkan menjadi lebih rileks. Hindari pernafasan yang cepat dan dalam karena dapat mengakibatkan keadaan hiperventilasi yang akan mengurangi kadar oksigen pada ibu dan bayi.
  • Posisi Tubuh: Posisi tubuh yang baik dapat meredakan rasa nyeri, sekaligus memperlancar aliran darah ke uterus.

3. Faktor mental dan emosi

  • Relaksasi: latihan relaksasi selama kehamilan bermanfaat membantu ibu hamil dalam mempersiapkan mental dan fisik untuk menghadapi persalinan.
  • Dukungan: Dukungan dari suami, orangtua, teman atau keluarga dapat membuat ibu merasa nyaman dalam menjalani proses persalinan.

Semua faktor diatas ini belumlah lengkap. Masih banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya mencari informasi dari kelas senam hamil dan buku-buku agar ibu hamil semakin mampu mengatasi rasa nyeri sewaktu melahirkan.

by: andesia m.as/090104061

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: