BULAN IMUNISASI ANAK SEKOLAH (BIAS)
DI KECAMATAN PLERET TAHUN 2008

Salah satu strategi pembangunan nasional untuk mewujudkan ‘Indonesia Sehat 2010” adalah menerapkan pembangunan nasional berwawasan kesehatan. Menurut UU Kesehatan Nomor 23 tahun 1992, “ Paradigma Sehat” dilaksanakan melalui beberapa kegiatan antara lain pencegahan penyakit. Salah satu upaya pencegahan penyakit menular adalah upaya pemberian kekebalan (Imunisasi).
Imunisasi sebagai salah satu upaya Preventif (pencegahan) untuk mencegah penyakit melalui pemberian kekebalan tubuh harus dilakukan secara terus menerus, menyeluruh, dan dilaksanakan sesuai standar sehingga mampu memberikan perlindungan kesehatan dan memutus mata rantai penularan.
Dalam rangka meningkatkan kekebalan pada anak sekolah terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, maka pemerintah sejak tahun 1998 secara serentak dan terpadu melaksanakan Bulan imunisasi anak sekolah yang dikenal dengan BIAS. Latar belakang pelaksanaan BIAS adalah keputusan Bersama empat Menteri yaitu menteri Kesehatan, menteri pendidikan dan kebudayaan, menteri Agama, dan menteri Dalam negeri.
Ditingkat kecamatan unsur yang terkait dalam pelaksanaan BIAS adalah :
1. Puskesmas bertanggung jawab dalam pelayanan teknis
2. Cabang Dinas PDK bertanggung jawab dalam memobilisasi guru SD/MI/SDLB untuk menyiapkan sasaran
3. TP UKS Kecamatan ikut bertanggung jawab dalam sosialisasi pelaksanaan BIAS kepada siswa dan orangtua/wali.
Pemberian imunisasi pada anak Sekolah Dasar /Sederajat dimaksudkan sebagai upaya booster (ulangan) terhadap kekebalan yang pernah didapatkan pada saat bayi. Adapun jenis vaksin yang diberikan pada saat BIAS adalah :
1. Campak
2. Difteri Tetanus (DT)
3. Toksoid Tetanus (TT)
Adapun sasaran pelaksanaan BIAS adalah :
1. Kelas 1 : Imunisasi Campak
2. Kelas 2 : Imunisasi DT
3. Kelas 3 : Imunisasi TT
Dan untuk tahun 2008 sasaran ditambah :
4. Kelas 4 : Iminisasi TT

Tahun 2008 pelaksanaan BIAS di Kecamatan Pleret dilaksanakan mulai tanggal 03 Nofember 2008 sampai dengan 25 Nofember 2008 sesuai kesepakatan antara Cabang Dinas PDK kecamatan Pleret dan Puskesmas Pleret dengan menyesuaikan kalender pendidikan di sekolah. Sebelum pelaksanaan dilakukan sosialisasi pada kepala Sekolah Dasar, MI dan SDLB dan selanjutnya diteruskan ke siswa dan orangtua/wali siswa.

Adapun gambaran Hasil Cakupan Pelaksanaan BIAS 2008 adalah sebagai berikut :

Dari grafik diatas terlihat bahwa rata-rata hasil cakupan BIAS di tahun 2008 adalah 100 %. Total pencapaian hasil BIAS kelas 1 (satu) sampai kelas 4 (empat) adalah 99,9%. Ini disebabkan karena adanya salah satu siswa yang menderita penyakit kelainan pembekuan darah sehingga untuk pemberian imunisasi di sekolah ditunda.
Untuk rencana tahun 2009 tetap akan dilaksanakan BIAS rutin dengan sasaran kelas satu sampai kelas 4. Untuk bulan pelaksanaannya akan disesuaikan dengan kalender pendidikan dan tetap dilaksanakan pada jam sekolah.

Pleret, Nofember 2008.
Penanggung Jawab Pelaksana
Program Imunisasi Puskesmas Pleret

SUTARNI DJUFRI, Amd Keb.

Satu Tanggapan to “”

  1. midwiferyeducator Says:

    mohon maaf Grafik tidak dapat terlihat ….karena kesalahan dalam Upload… mohon petunjuk lebih rinci….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: