FISH SPA TERAPY

FISH SPA TERAPY

Pengobatan alternatif belakangan makin banyak ditawarkan di Indonesia. Bukan hanya mengobati penyakit dalam, namun juga bagian luar seperti kulit. Jika selama ini dikenal ikan sebagai binatang peliharaan yang menyenangkan. Kini ikan juga bisa berfungsi sebagai dokter untuk terapi kesehatan. Yang belakangan banyak dicari adalah Fish Spa Therapy. Terapi ini dikenal dengan sebutan Fish Spa Therapy, karena menggunakan ikan. Saat ini, mulai banyak ditemui terapi menghaluskan kaki menggunakan ikan. Sebenarnya perawatan ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Kini, mulai menjamur tempat perawatan spa yang menyediakan terapi ini.
Untuk Fish Spa Therapy sendiri, menggunakan ikan Garra Ruffa yang berasal dari Kangal Turki. Ikan tersebut tidak memiliki gigi dan sangat suka dengan kulit manusia yang kering dan mengelupas. Jadi mereka siap menggigiti kulit-kulit kering yang terdapat di kaki. Terutama di bagian telapak kaki. Di negara asalnya, Turki, ikan garra rufa sangat dikagumi karena memiliki keistimewaan tersebut. Bahkan, para ahli menyebutnya sebagai Dr. Fish. Ikan ini, dimanfaatkan dalam bisnis kecantikan dengan nama fish spa. Sejumlah negara sudah mengembangkan bisnis tersebut, antara lain Jepang, Cina, Thailand, Malaysia, dan Singapura. Fish spa dapat dipakai sebagai pengobatan alternative baru, apalagi, khasiat Dr. Fish sudah diteliti oleh beberapa universitas terkenal di dunia.
Seperti simbiosis mutualisme, manusia membutuhkan doctor fish untuk menyehatkan dan mempercantik kulit, sedangkan ikan Garra Rufa membutuhkan kulit mati untuk makanan mereka. Saat kaki masuk ke dalam bak, ikan-ikan tersebut langsung mengerubuti kaki dan mulai memakan sel kulit mati yang ada di kaki. Proses ikan menggigiti kulit manusia menciptakan micro pelling effect yang berfungsi membersihkan sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan kulit baru sehingga kulit lebih halus dan elastis. Selain memperbaharui kulit dan memperlancar peredaran darah, ikan Garra Rufa juga akan menstimulasi titik akupunktur yang akan membuat sistem syaraf jadi lebih rileks.
Ikan-ikan ini tak memiliki gigi, namun daya hisap ikan-ikan ini memiliki insting untuk menghisap kulit-kulit mati manusia. Tak hanya untuk ia cerna, terkadang ia hanya menghisap kulit-kulit mati untuk kemudian dibuang.

Fish spa mempunyai banyak manfaat bagi kecantikan maupun kesehatan. Sebagai pengobatan alternative baru, fish spa merupakan terapi yang paling digemari bahkan menjadi tren saat ini. Bahkan, trennya menggeser pijat refleksi dan akupunktur. Selain cukup terjangkau terapi fish spa lebih menyenangkan dan menyehatkan. Saat ini terapi fish spa sudah menjamur dibeberapa kota besar seperti Yogyakarta.

Beberapa Manfaat Fish Spa Terapi :
1. Memperindah kaki
Kaki adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting. Tapi bagian ini sering kali luput dari perhatian orang. Mungkin karena di bawah, bagian ini seolah-olah menjadi bagian tak penting. Karena kurang diperhatikan, kemudian timbul banyak masalah, antara lain kapalan, tebalnya kutikula, dan pecah-pecah. Terapi ini lebih menyenangkan ketimbang pedikur karena ikan-ikan ini mengangkat kulit-kulit mati tanpa rasa sakit. Sementara pedikur akan mengikis kulit dengan alat yang jika dilakukan terlalu keras bisa mengikis kulit barunya, hingga timbul luka. Bentuk ikan yang kecil-kecil mampu menjangkau daerah-daerah di sela-sela kaki, seperti di antara jari dan daerah pinggir kuku, sehingga lebih tuntas.
a. Memakan sel kulit mati/ kering
b. Terapi alam untuk lebih merangsang pertumbuhan sel kulit manusia
Saat menghisap kulit mati, ikan Garra rufa juga akan mengeluarkan air liur yang mengandung sejenis enzim dithranol (anthralin) yang akan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.
c. Meningkatkan penyerapan kelembapan kulit
d. Memperlancar sirkulasi darah
e. Menghilangkan bekas luka
f. Membantu peremajaan kulit
g. Membuat kulit lebih halus dan bersih.
2. Memperlancar peredaran darah melalui titik-titik akupuntur yang ada di telapak kaki.
Saat ikan-ikan ini menyedot kaki kita, kaki akan merasakan setruman-setruman kecil yang dihasilkan dari kerumunan ikan yang dapat merangsang titik-titik akupuntur pada telapak kaki dan membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, terapi hendaknya dilakukan secara teratur 2 sampai 3 kali seminggu selama 3 bulan.
3. Menyembuhan beberapa penyakit kulit yang disebut juga sebagai itchtyotherapy yakni:
a. Membantu menyembuhkan penyakit kulit, seperti; eksim, psoriasis, dan neurodermitis
b. Membantu mengurangi rasa gatal
c. Menyamarkan noda bekas luka.
4. Menghadirkan sensai relaksasi dan menghilangkan stress.
a. Efek gigitan ikan akan memberikan sensasi yang juga tidak kalah menyenangkan, sehingga ada efek penyegaran pada otak. Selain itu, setiap ujung saraf memiliki rasa peka tersendiri.
b. Sentuhan air yang dingin juga bisa membuat efek positif bagi sensasi otak berupa rasa segar dan fresh.
5. Fungsi rekreasi
Di dalam dunia medis, rekreasi juga merupakan salah satu unsur penyembuhan, walaupun pada pengobatan medis unsur rekreasi cuma unsur penunjang. Perasaan bahagia dan senang juga merupakan unsur kesehatan mental, dan kesehatan mental berhubungan langsung dengan kesehatan fisik.
BY KELOMPOK: ULIL ALBAB
(YOZI PERNANDA: 090104007)
yozi_pernanda@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: