MENGETAHUI MASA SUBUR

Bagi pasangan yang menginginkan momongan ataupun ingin menunda kehamilan secara natural, sangat penting untuk mengetahui masa subur.

Apa yang dimaksud dengan masa subur?
Masa subur adalah saat dimana rahim melepaskan sel telur (Ovulasi) yang siap untuk dibuahi. Masa subur ini terjadi satu kali dalam satu siklus menstruasi.

Bagaimana cara mengetahui siklus masa subur?

* Sistem kalender.
Catatlah tanggal hari pertama menstruasi Anda selama 3 bulan terakhir. Titik puncak kesuburan terjadi pada hari ke 14 sebelum masa menstruasi berikutnya. Tetapi tanggal menstruasi berikutnya seringkali tidak pasti. Jadi biasanya diambil perkiraan masa subur 3 – 5 hari sebelum dan sesudah hari ke 14 tersebut.
Misalnya, hari pertama menstruasi pada tanggal 1. Nah, masa subur adalah tanggal 11 (14-3) sampai 19 (16+3) pada bulan tersebut.

Jika siklus menstruasi sama sekali tidak teratur, diperlukan data siklus minimal 6 bulan sampai setahun. Kemudian dihitung dengan memakai rumus Ogino Knouss. Dicari siklus yang paling pendek berapa hari dan siklus paling panjang berapa hari. Masa subur ditentukan berdasarkan siklus terpendek – 18, siklus terpanjang – 11.
Atau jika perlu periksa ke dokter untuk mengetahui secara pasti masa subur.

* Menilai suhu badan.
Seringkali suhu badan akan mengalami peningkatan menjelang dan sesudah masa ovulasi karena pengaruh hormon progesteron. Suhu normal tubuh biasanya 35,5 – 36 derajat Celcius. Pada waktu ovulasi suhu akan turun dulu dan naik bisa mencapai 37-38 derajat dan tidak akan kembali pada suhu 35 derajat. Pada waktu perubahan itulah terjadi masa subur. Kondisi kenaikan suhu tubuh ini akan terus terjadi sekitar 3-4 hari. Kemudian akan turun kembali sekitar 2 derajat karena produksi progesteron menurun, sehingga suhu tubuh pun turun. Dan akhirnya kembali pada suhu tubuh normal, seperti sebelum menstruasi terjadi.

* Memeriksa lendir rahim.
Pada masa subur terjadi perubahan cairan serviks, menjadi bersifat spinbarkeit, yaitu lentur, tidak terputus jika diregangkan sampai sekitar 10cm, dan lengket.

* Alat Tes Ovulasi.
Saat ini juga sudah dijual bebas diapotik atau toko obat alat untuk menilai masa subur. Alat test ini bekerja dengan mengukur kadar hormone LH yang dihasilkan saat ovulasi. Digunakan seperti test kehamilan.
FATIMAH DEWI (090104060)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: