ASI Baik Untuk Paru-paru Anak

Nama: Elvita Rozana
Nim : 090104056

Air Susu Ibu (ASI) yang diberikan oleh seorang ibu dalam bagian kegiatan menyusui telah diakui sebagai sebuah hal yang bisa membantu anak terlindung dari penyakit asma karena bisa memberikan perlindungan pada paru-paru. Namun para peneliti dari The University of Wisconsin-Madison mengingatkan bahwa keuntungan itu bisa dicapai jika sang ibu yang menyusui terbebas dari penyakit asma.
Persyaratan bahwa sang ibu menyusui tidak memiliki penyakit asma dianggap sangat penting untuk memberikan manfaat ASI bagi perlindungan paru-paru sang anak. Para peneliti ini menilai masa pemberian ASI selama lebih dari 4 bulan yang akan memberikan fungsi paru-paru sang anak menjadi sangat baik. Namun sebaliknya jika ASI yang diberikan itu berasal dari ibu yang memiliki penyakit asma, maka tidak akan bermanfaat bagi fungsi perlindungan paru-paru.
Satu hal yang membuat para peneliti memberikan penekanan adalah hasil penelitian ini tidak menyarankan para ibu asma yang memberikan ASI harus berhenti memberikan ASInya sekaligus memberikan saran diperlukannnya penelitian lanjutan agar lebih memberikan kepastian soal ini.
ASI selalu disarankan untuk diberikan kepada para bayi karena ASI merupakan susu terbaik ketimbang susu formula. Selain sangat mudah didapat, ASI juga bisa memberikan antibodi kepada anak agar terhindar dari bakteri dan infeksi, termasuk sejumlah penyakit yang berkaitan dengan saluran pernafasan.
Para peneliti tersebut melakukan pantauan terhadap 1.246 bayi sehat sampai mereka memasuki usia remaja. Sebanyak 697 anak telah mendapatkan tes fungsi paru-paru saat mereka berusia 11-16 tahun untuk dievaluasi kapasitas udara. Untuk kasus ini, anak-anak yang mendapatkan ASI dari ibu yang tidak menderita asma memiliki kapasitas udara yang lebih baik.
Alasan inilah yang membuat para peneliti memperkirakan bahwa ASI menjadi bagian yang menentukan dari perkembangan paru-paru. Mereka merasa yakin bahwa pemberian ASI menjadi faktor yang sangat menentukan dalam perkembangan paru-paru anak.
Sumber : American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine
diambil dari: Info-sehat.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: