MENGATASI MUAL DI PAGI HARI BAGI IBU HAMIL

090104023
SRI NURJANTI

Mual, badan lemas, kepala pening dan mood hilang itu yang biasa dialami oleh wanita yang sedang hamil muda di pagi hari. Kesal, mungkin itu yang Anda rasakan karena terkadang ini bisa mengganggu aktifitas sehari-hari Anda.

Kurang lebih dua pertiga jumlah kaum wanita yang sedang hamil mengalami hal ini, biasanya dari tanggal pertama tidak datangnya haid sampai bulan kedua atau ketiga, apabila ia sering berhenti dan kambuh lagi. Taraf rasa sakitnya pun berbeda-beda, mulai dari rasa pusing pada pagi hari sampai kepada muntah-muntah sepanjang harinya.

Sebab musababnya wanita hamil merasa sakit pada pagi hari itu belum diketahui dengan pasti meskipun ada dugaan bahwa yang menyebabkannya adalah bertambahnya jumlah estrogen. Tubuh wanita hamil dapat menyesuaikan diri dengan keadaan ini, tetapi jika rasa muntah terus berkelanjutan maka sebaiknya makan sedikit-sedikit saja tetapi sering dari pada makan banyak sekaligus. Roti panggang untuk sarapan pagi hari sudah cukup memadai, dan makanan yang mengandung gizi sangatlah dianjurkan.

Taraf perubahan hormon pada wanita hamil menyebabkan perubahan emosional juga. Nampaknya memang terdapat satu pola umum bagi kebanyakan wanita hamil, meskipun tidak semuanya demikian. Dalam 2-3 bulan pertama sering kali terdapat perubahan yang ekstrim pada suasana batin wanita hamil oleh karena sebagai reaksi terhadap kehamilannya itu. Selama berlangsungnya kwartal kedua maka wanita hamil telah menerima kenyataan adanya janin itu dan mempersiapkan diri untuk itu. Ia telah sempat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan hormon yang telah terjadi.

Tips berikut mungkin bisa membantu Anda mengatasi morning sickness :
Hindari makanan yang terlalu berlemak atau makanan yang di goreng, makanan manis/gula, makanan dari tepung putih, buah jeruk seperti sunkist, jeruk keprok, atau jeruk orange.
Sebaiknya sarapan lebih awal yaitu dengan menu sup tahu, sup miso misalnya, atau dengan segelas yogurt dan biskuit yang terbuat dari tepung wholewheat.
Makanlah dalam porsi kecil tetapi sering. Jadi perut tidak terasa penuh dan kekenyangan. Dan jangan makan terlalu larut malam.
Untuk mencegah sembelit, perbanyak asupan makan yang kaya serat misalnya buah dan sayuran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: