LAPORAN PELAKSANAAN TOURING DI INSTALASI KESEHATAN REPRODUKSI KLINIK INFERTILITAS PERMATA HATI RSUP DR. SARDJITO YOGYAKARTA

LAPORAN PELAKSANAAN TOURING DI INSTALASI KESEHATAN REPRODUKSI KLINIK INFERTILITAS PERMATA HATI RSUP DR. SARDJITO YOGYAKARTA
Laporan di tulis oleh;Sutarni Djufri, Prodi D4 Kebidanan.

BAB I

A. PENDAHULUAN
Dalam rangka memenuhi kemampuan mahasiswa Program D.IV Bidan Pendidik di STIKES AISYIYAH Yogyakarta Tahun Akademik 2009 – 2010 pada kompetensi Kesehatan Reproduksi khususnya dalam hal Konseling Infertilitas , maka mahasiswa di berikan pembelajaran khusus Infertilitas dan bayi tabung dengan metode Touring Ke Klinik Infertilitas Permata Hati RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 28 Desember 2009.
Kegiatan Touring ke Klinik Infertilitas Permata Hati RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta ini sebagai sarana yang dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih jauh melihat ,mengenal dan mengetahui lebih dalam tentang Infertilitas dan bayi tabung dan mahasiswa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang Infertilitas dan permasalahan serta pemecahan masalahnya, sehingga nanti dapat memberikan Konseling pada pasangan Suami Istri yang mengalami masalah Infertilitas.

B. TUJUAN.
1. Tujuan Umum.
Setelah melaksanakan Kegiatan Touring ke Klinik Infertilitas Permata Hati RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta mahasiswa mampu memahami Pelaksanaan Konseling Infertilitas.
2. Tujuan Khusus
Mahasiswa memperoleh gambaran tentang Infertilitas, masalah-masalah yang di hadapi oleh isteri/suami/pasutri, konseling infertilitas, serta bayi tabung.

BAB II
PELAKSANAAN TOURING INFERTILITAS

A. NAMA KEGIATAN : Touring Infertilitas ( MK. Kesehatan Reproduksi)
B. MACAM KEGIATAN
Materi (Teori) dan Touring terdiri dari:
1. Infertilitas (Patients Guidelines) oleh Dwi Haryadi Klinik Infertilitas Permata Hati RS DR Sardjito Yogyakarta
2. Permasalahan kesehatan reproduksi pria oleh Dr.Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd
3. Keberhasilan bayi tabung di Klinik Infertilitas Permata Hati RSUP.Dr. Sardjito Yogyakarta, oleh Dr. Ita Fauzia Hanoum, embriologis, Klinik Infertilitas Permata Hati RS DR Sardjito Yogyakarta
4. Diskusi Tanya jawab bersama Pakar
5. Melihat Ruang, alat, tenaga, cara kerja serta gambaran pasien yang di tangani di Klinik Permata Hati RS DR Sardjito Yogyakarta
C. JUMLAH PESERTA
Mahasiswa yang ikut Touring sejumlah 55 orang, bersama Dosen Pembimbing tutorial 5 orang.
D. TEMPAT DAN WAKTU
Instalasi Kesehatan Reproduksi Klinik Infertilitas Permata Hati RSUP DR. Sardjito, hari Senin tanggal 28 Desember 2009 jam 08.00 sampai 14.30 WIB.
E. PEMBIMBING
Touring di pimpin langsung oleh Ketua Prodi D.IV Kebidanan ( Ibu. Mufdlillah, S.SiT, S.Pd, M.Kes) dan Penanggung jawab MK. Kesehatan Reproduksi ( Ibu Dewi Rokhanawati, M.P.H) serta di damping oleh dosen pembimbing tutorial.
F. KEGIATAN
1. Setiap mahasiswa Mengikuti kegiatan ceramah dan Tanya jawab di ruang seminar oleh Pakar
2. Lima orang mahasiswa yang mewakili kelompok tutorial masing-masing bersama 3 orang dosen dengan didampingi dr. Ita Fauzia Hanoum, melakukan orientasi ruangan, mengenal petugas, pengenalan alat serta obat-obatan, dan gambaran cara melakukan proses bayi tabung.
3. Membuat laporan serta Presentasi hasil kegiatan di kelas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: